fbpx

Social Media Marketing: 10 Platform untuk Bisnis Anda

Sosial media merupakan trend yang paling cepat berkembang di dunia. Social media mampu mengubah pola perilaku manusia bagi penggunanya. Menurut data Hootsuite, hamper setengah dari penduduk planet bumi menggunakan social media. Sektor ini tentunya telah tumbuh cepat dibandingkan intermet itu sendiri. Bagaimana dengan Facebook?

Facebook merupakan salah satu social media yang paling berkembang pesat. Satu dari empat manusia di Bumi memiliki akun facebook. Pada kuartal kedua 2019, Facebook sudah meraup 2.4 trilyun pengguna aktif. Dan bagaimana dengan pengguna di Indonesia? Analisis dari Hootsuite mengatakan 150juta penduduk di Indonesia merupakan pengguna aktif Facebok. Dan Indonesia nyatanya meraih peringkat ke-4 dunia pengguna Facebook terbanyak.

Pada kenyataannya, mereka menggunakan Facebook bukan hanya sesekali dalam sebulan, melainkan setiap hari, and even more. Mereka akan terus mengecek, dan mengecek beranda dan notifikasi Facebook.

Obsesi pada smartphone semakin dikuatkan dengan hadirnya social media di sekitar kita. Dengan penggunaan yang begitu luas, social media menghadirkan peluan pemasaran yang begitu memuaskan. “Pelajari atau Anda akan tertinggal jauh”, mungkin itulah satu kalimat yang menyadarkan pentingnya strategi social media dilakukan untuk mencapai sebuah closing.

Saat ini, saya akan membahas satu persatu dari 10 platform social media yang populer dan bagaimana langkah terbaik dalam membangun strategi pemasaran melalui social media.

Definisi Social Media Marketing

Menurut Wikipedia, Teknik pemasaran dengan media sosial (bahasa Inggris: social media marketing) adalah proses meraih kunjungan pengguna internet ke situs tertentu atau perhatian khalayak ramai melalui situs-situs sosial media.

Kegiatan pemasaran dengan menggunakan media sosial biasanya berpusat pada usaha sebuah perusahaan untuk menciptakan konten yang menarik perhatian, sehingga mendorong para pembaca untuk membagikan konten tersebut melalui jejaring media sosial milik mereka. Tujuannya adalah menciptakan electronic word of mouth (eWoM), yakni komentar-komentar yang diberikan dan dibagikan oleh konsumen di internet (misalnya, website, jejaring sosial, pesan pendek, unggahan status) tentang acara, produk, servis, merek, atau perusahaan tertentu.

Jika kami tarik sebuah kesimpulan, menurut kami pemasaran melalui media social (social media marketing) merupakan suatu proses dalam menciptakan konten sesuai konteks individual pada social media yang memungkinkan anda untuk meraih engagement dan tentunya juga merupakan sarana berbagi konten (share). Trafik sebagai wujud dari hasil pemasaran itu sendiri, dan bagaimana mendapatkannya? First of all, buat konten yang bermanfaat dengan baik di setiap platform social media. Setiap platform memiliki strategi yang berbeda, karena setiap platform pun memiliki ciri khasnya. Berbagi foto merupakan hal terbaik? Belum tentu, karena ada juga yang didominasi oleh video, ada juga yang mengatakan bahwa konten blog merupakan juaranya.

“Semua orang ingin kontennya viral.” Tentu Anda juga. Masalahnya adalah bagaimana membuat sebuah konten yang menarik sehingga orang lain merasa perlu untuk membaginya kepada rekannya, memberi tahu konten anda kepada teman-temannya. Jika tidak, strategi Anda dapat disebut gagal. Tidak ada trafik, tidak ada konten yang viral sehingga tidak ada satupun yang membagikan konten Anda.

Gambaran Luas :

“The Conversation Prism” merupakan salah satu alat grafik yang menunjukkan daftar platform social media. Mereka membuat daftar sekitar 200 platform yang biasanya akan diperbarui 2-3 tahun sekali, kemudian menghapus sekitar 100 platform dan menambahkan 100 platform lainnya. Inilah dunia social media, bergerak begitu cepat. Jadi, ketika Anda ingin memulai, mulailah dengan yang sudah ada selama bertahun-tahun. Jika anda baru saja memulai strategi pemasaran media social, Anda tidak dapat menolak kehadiran Facebook dan Twitter karena keduanya terbukti efektif.

Berikut istilah dari dunia media social :

  • Konten : konten adalah apapun yang anda posting. Konten bisa merupakan sebuah status Facebook, status Twitter, foto di Instagram, Pinterest, dll.
  • Konteks : “Konten adalah raja, maka konteks adalah tuhan”, artinya yang lebih penting daripada konten ialah konteks atau isinya.
  • Hashtags : sebuah tagar yang digunakan untuk dijadikan meta pada setiap platform media social. Penggunaan tagar akan menjelaskan topik konten Anda, pastinya memiliki dampak jika anda memposting sesuatu dan memerikan mereka CTA (call to action)
  • Share : sama dengan artinya yakni berbagi. Mereka berpeluang membagikan konten anda apabila menarik. Inilah yang membuat konten anda menjadi viral.

BuzzSumo merupakan salah satu alat untuk mengukur gambaran mengenai konten Anda. Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda, semakin banyak orang menyukai konten Anda. Itulah wujud dari sebuah engagement.

  • Engagement : istilah yang digunakan kepada orang yang berinteraksi dengan konten Anda. Engagement dapat diartikan komunikasi dua arah. Sebagai contoh, yakni komentar, rekomendasi posting, atau membagikannya.

Setelah membahas beberapa istilah dari social media, saya akan membagikan kepada anda tren pemasaran social media tahun 2019 yang bermanfaat untuk anda dari sekarang juga kedepannya. Karena tren ini bukan hanya berdampak pada tahun 2019, melainkan juga tahun-tahun kedepan.

Organic Reach yang Menurun

Organic reach dapat dikatakan sebagai jangkauan jumlah unik dari orang yang melihat konten Anda secara gratis. Mungkin Anda telah berinteraksi dengan mereka, menerima banyak permintaan pertemanan, dan komentar serta banyak yang membagikan konten Anda. Tapi, saat ini masalahnya adalah ketika kemampuan anda untuk menciptakan itu menurun, Anda mengalami kesulitan untuk menjangkau mereka. Jawabannya adalah Iklan Berbayar. Ini berlaku pada semua platform social media, siapa yang paling menghabiskan dana untuk iklan tentunya akan lebih mudah berkembang dibandingkan dengan cara organic.

Ingat, bahwa seluruh platform social media ingin menghasilkan uang. Mereka yang menjangkau Anda adalah imbalan dari dana yang anda keluarkan. Namun, pada akhirnya keputusan pembelian ada pada mereka. Anda harus berhati-hati dalam melakukan upaya iklan berbayar apakah memiliki dampak yang signifikan berhasil atau tidak.

Social media menjadi system Pay to Play. Dimana jika Anda ingin konten Anda meraih trafik dan engagement yang tinggi, Anda diharuskan membayar. Padahal, konten yang menarik juga penting untuk meningkatkan trafik dan engagement.

Tidak perlu diragukan anggaran pengeluaran biaya iklan social media meningkat, namun logikanya adalah ketika konten iklan anda bagus, semakin sedikit yang anda bayarkan.

Integrasi Website dengan Sosial Media

Ketika Anda berpikir bahwa komunikasi social media menjadi tanpa Batasan. Anda mungkin akan mengingat beberapa cara yang dilakukan untuk mencari komunikasi itu terjadi. Contohnya email yang berisikan penawaran, ataupun notifikasi mengenai keranjang belanja di toko online yang anda tinggalkan, juga pengingat suatu produk melalui Facebook Messenger. Kita sadari, bahwa inilah cara-cara baru mereka untuk berkomunikasi.

Gabungan Tools Social Media

MailChimp adalah salah satu software marketing yang dapat digunakan untuk membuat facebook ads dengan mudah melalui akun MailChimp. Semakin banyak penggabungan antara social media dengan berbagai software / alat. Semakin mudah anda melakukan pemasaran.

1. Facebook

Sejarah : Didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 2004 sebagai social network, dan mulai berjalan pada 2006. Ini adalah platform social media marketing pertama dan terbesar untuk seluruh dunia.

Facebook telah menjadi platform social media terbesar dengan memiliki pengguna terbanyak di dunia. Facebook menawarkan banyak pilihan bagi para marketer untuk melakukan pemasaran dengan fitur iklannya, Facebook mampu mem-filter penggunanya menjadi target pemasaran. Anda dapat menentukan target  yang spesifik, bahkan sangat spesifik. Seperti contoh, menargetkan pengguna yang berusia 45-57tahun yang rutin melakukan permainan golf selama 1x seminggu dan itu terekam di data credit card.

Konteks : Anda dapat memposting apapun, baik status, foto, ataupun video. Namun ada baiknya anda integrasikan dengan platform social media yang lain. Anda dapat mengunggah video ke Youtube, dan melakukannya juga di Facebook. Tetaplah aktif di Facebook untuk tetap mendapatkan engagement selama mungkin, karena pada dasarnya orang-orang telah menggunakan Facebook sejak lama.

Business Manager

Dalam membuat iklan Facebook, Anda dapat memulainya dengan membuat akun bisnis pada Facebook Business Manager. Anda dapat mengelola iklan, dan pages dengan mudah dan gratis.

Anda dapat memulainya dengan seperti ini,

Setelah Anda membuat akun, Anda akan diarahkan ke dashboard. Facebook Business Manager merupakan tools yang cocok untuk melakukan pemasaran serta iklan berbayar. Sangat berharga ketika kita dapat meng-efisiensi waktu dalam melakukan pemasaran.

Pilihan yang dapat Anda tentukan untuk meng-create Ads

Setelah Anda membuat akun dan ingin melakukan iklan, Anda dapat menentukan target sesuai demografi, usia, perangkat, minat, dan karakteristik lainnya. Anda juga dapat memilih audiens berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, Bahasa, minat, perilaku, dan koneksi mereka.                                                                                                                                                   

Semua itu memudahkan anda untuk menentukan target pasar Anda, dan terakhir adalah tentukan tujuan dari iklan yang anda buat. Apakah anda ingin mendatangkan trafik ke website Anda? Mendatangkan trafik ke Facebook Pages Anda, atau ingin memperoleh engagement yang meningkat pada konten Anda, dan yang lainnya.

Lookalike Audience

Katakanlah Anda telah melakukan iklan dan telah mendapatkan pengunjung dengan yang Anda inginkan, namun Anda ingin mendapatkan pengunjung lain dengan karakteristik yang serupa. Facebook dapat melakukannya. Anda dapat melakukan iklan dengan kustomisasi yang serupa untuk mendapatkan audiens serupa seperti iklan yang sukses terdahulu.

Integrasi dengan Instagram

Anda dapat meng-create ads Instagram langsung dari Facebook cukup dengan sekali klik. Anda harus mempunyai akun bisnis untuk melakukan iklan di Instagram. Hal ini membuat Anda tidak perlu mengeluarkan waktu lebih dalam membuat iklan.

Facebook Live

Video memiliki dampak engagement yang lebih tinggi dibandingkan hanya dengan sebuah gambar.Data membuktikan 3x orang lebih banyak menonton live video di Facebook dibandingkan dengan video yang sebelumnya telah direkem (pre-recorded).

Dengan kata lain, live video di Facebook dapat meningkatkan engagement secara langsung dan mengurangi waktu serta pembiayaan video pada umumnya.

2. Instagram

Sejarah : Instagram berdiri pada 2010 dan kemudian diambil alih oleh Facebook pada 2012. Pada 2015, penggunaan iklan pada Instagram diluncurkan. Instagram masuk urutan kedua dan terus berkembang sebagai platform social media marketing.

Instagram memiliki pengguna user yang terus berkembang pesat seiring dengan teknologi kamera smartphone yang semakin baik pula.

Konteks : Instagram menaruh pusat perhatian pada foto, namun berkembang dengan menambahkan fitur video, live video, serta IGTV. Beberapa kategori untuk memulai konten yang berpengaruh baik :

  • Quotes yang menginspirasi
  • Mengajukan form pertanyaan
  • Mengunggah foto dari produk ternama
  • Mengunggah foto lifestyle

Dan Anda dapat mengunggah hashtags, juga call to action pada setiap konten yang Anda posting. Pastikan Anda sudah menulis bio Anda dengan baik.

Influencer Marketing di Instagram

Pengunaan influencer pada brand ternama membuktikan bahwa platform Instagram memang yang paling banyak digunakan dibandingkan platform lainnya. Influencer lebih sering melakukan endorse di Instagram karena memiliki dampak yang besar. Pemasaran influencer di Instagram begitu kuat, sehingga Anda tidak akan mungkin mengabaikannya.

Instagram Stories

Sejak diluncurkanya Instagram Stories, banyak yang menggunakan fitur tersebut untuk mengunggah cerita miliknya. Bahkan di tahun 2017, penggunaan Instagram Stories melewati platform serupa yakni Snapchat. Anda dapat menggunakan Instagram Stories untuk mengenalkan brand anda dengan membangun sebuah cerita, karena orang-orang menyukai sebuah cerita.

Bagaimana suatu merk atau brand menggunakan Instagram?

Platform Instagram memusatkan Anda untuk mendapatkan audiens dan meraih engagement yang baik. Maka dari itu, tidak heran bahwa Instagram menjadi platform social media marketing yang digemari semua marketer.

Anda tidak memberi suatu paksaan untuk mereka beli produk Anda melainkan mengenalkan apa itu brand Anda? Bagaimana membuat mereka percaya dengan Anda?

3. Youtube

Sejarah : Apakah anda masih ingat dengan Google Video?  

Youtube telah mengubah perilaku manusia dalam mengonsumsi video atau tontonan. Youtube membuat akses mentonton video dengan sangat mudah dan cepat serta gratis. Pengguna menonton video selama 1 milyar jam sehari atau setara dengan 114.000 tahun lamanya.

Sebelum jauh banyaknya pengguna yang me-monetize Youtube, ada akun seperti PewDiePie yang menghasilkan 124 juta dollar dari konten yang ia buat. Hal ini bagus bagi para marketer untuk melakukan pemasaran melalui unggahan video kepada audiens, terlebih bagi mereka yang rajin untuk menonton dibandingkan membaca.

Tips : pastikan Anda menaruh sebuah cuplikan video, atau kutipan pada platform social media lainnya untuk memicu rasa keingintahuan mereka untuk menonton.

Konteks : ada dua hal yang perlu anda ketahui sebelum terjun di dunia Youtube. Pertama, anda mengajarkan orang lain. Kedua, anda menghibur orang lain. Tapi pastikan konten anda berkualitas serta relevan dengan bisnis yang Anda jalani. Anda langsung dapat memulainya layaknya berada didepan webcam. Berikan niche yang tepat, serta ajari semua yang Anda tahu.

Mempercantik tampilan studio Youtube Anda merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan, mereka hanya membutuhkan mic, kamera, dan lampu serta latar belakang yang bagus untuk melakukan shoot video.

Edit video Anda sebagus mungkin, maksudnya disini adalah orang lebih senang dengan video yang jelas, terang, dan tidak blur. Anda juga dapat memotong gerakan-gerakan yang tidak perlu (cut). Gunakan WeVideo untuk mengedit video anda secara gratis dan mudah.

Melakukan Iklan pada video Youtube

Ada strategi dalam melakukan iklan video, karena biasanya iklan tersebut akan muncul sebelum orang menonton video Youtube. Lakukanlah tes terhadap setiap iklan yang Anda buat untuk mengetahui mana yang paling efektif untuk bisnis Anda.

4. LinkedIn

Sejarah : LinkedIn memulai layanannya pada tahun 2002, lebih tua dari Facebook. Namun LinkedIn mengalami perkembangan yang lambat dibandingkan Facebook. Hanya berkisar 20 orang yang melakukan sign-up di LinkedIn setiap harinya.

Perkembangan LinkedIn tidak se-booming Facebook, padahal mereka telah ada 15 tahun lamanya dan mendapatkan 467 juta pengguna. Strategi yang digunakan LinkedIn ialah fokus terhadap apa yang membuat Anda berhasil. LinkedIn memberi perhatian khusus terhadap homepage-nya sehingga menarik 40% orang untuk melakukan sign-up.

Dalam waktu 4 bulan, pengguna LinkedIn bertambah hingga 50% (13.000 orang per bulan), sedangan LinkedIn membutuhkan waktu 2 tahun untuk meraih 4-7% pengguna yang ingin mendapatkan invitation email (19.000 orang per bulan). Apa yang diinginkan LinkedIn ialah mendapatkan keuntungan secepatnya. Semua itu dapat terjadi berkat fitur premium subscriptions, paid job board, dan layanan premium lainnya.

LinkedIn menambahkan beberapa fitur penting seperti meng-import kontak, fokus terhadap para professional dibidang teknologi, dan mengakuisisi layanan SlideShare serta Pulse. Keputusan ini membantu LinkedIn untuk menjadi 7600 perusahaan perorangan yang Microsoft bayarkan seharga lebih dari 26 milyar US dollar.

Konteks : di LinkedIn, semua tentang bagaimana menjadi professional. Beberapa posting blog yang populer tidak akan se-populer itu di LinkedIn. Mereka berada di LinkedIn untuk satu hal : Bisnis.

Mereka ingin belajar apa yang terbaru dari industri yang mereka kerjakan, siapa yang meng-hire, dan bagaimana mereka mengoptimasi performa mereka di pekerjaan yang ditekuni. Jika konten Anda membantu orang untuk mengembangkan jaringan bisnisnya menjadi lebih luas dan baik, LinkedIn tempatnya.

LinkedIn Groups

LinkedIn Groups sama sebenarnya dengan Facebook Groups, hanya saja LinkedIn Groups dipenuhi para pembisnis.

Pada dasarnya, LinkedIn Groups adalah tempat bagi para professional untuk berkumpul dan mendiskusikan topik-topik yang menarik untuk membangun keahlian mereka. Ini adalah strategi yang mudah untuk meningkatkan koneksi Anda dengan mereka dan menumbuhkan audiens. Semakin banyak orang yang membicarakan bisnis Anda, dan percaya dengan apa yang bisnis Anda lakukan, maka semakin banyak orang yang akan bekerja dengan Anda dimasa depan.

LinkedIn Advertising

            Seperti layaknya platform social media lainnya, LinkedIn dapat melakukan iklan. Jika Anda terjun ke bisnis B2B, LinkedIn merupakan tempat terbaik dengan melakukan iklan untuk bisnis Anda. Faktanya, marketer menilai LinkedIn sebagai “the most effective social media platform for B2B companies.”

LinkedIn juga dinilai sebagai “the top platform for lead generation by a long shot.”

Mereka bermain LinkedIn untuk berbicara bisnis, mereka tidak akan keberatan berinteraksi seputar bisnis dengan Anda. Jika Anda serius dan melakukan strategi dengan benar, maka Anda akan mendapatkan perhatian serius oleh mereka.

5. Snapchat

Sejarah : Didirikan pada tahun 2011 dan platform Snapchat nyatanya digandrungi milenial. Snapchat mendapatkan 178 juta pengguna aktif yang 70% nya adalah wanita berusia dibawah 34 tahun. Meskipun belum lama berdiri, Snpachat mampu meraup sekitar 33 milyar US dollar.

Konteks : Jika produk Anda untuk remaja wanita 14-18 tahun, sudah seharusnya Anda menggunakan Snapchat. Karena video dan foto hanya berlangsung sekitar 10 detik dalam setiap tayang, maka Anda dapat melakukan tayangan Live. Anda juga dapat membagikan video atau snaps behind the scene dari kisah Anda yang menarik karena Snapchat digunakan untuk membagikan momen berharga.

Snapchat untuk B2B Marketing

            Memang Snapchat dipenuhi oleh generasi muda atau yang disebut milenial, namun beberapa pembisnis juga berada di Snapchat. Sebagai contoh, DocuSign yang menggunakan Snapchat untuk berinteraksi dengan orang-orang selama melakukan konferensi. HubSpot juga menggunakannya untuk meningkatkan dan membangun brand mereka.

Ada juga pembisnis yang menggunakannya untuk memberikan nasihat-nasihat bermanfaat.

Tentu saja, Snapchat membutuhkan lebih banyak kreativitas Anda untuk mengenalkan bisnis Anda kepada mereka.

6. Pinterest

Sejarah : Didirikan pada tahun 2010 sebagai platform berbagi foto yang digandrungi oleh wanita. 81% dari 150 juta pengguna aktifnya adalah wanita. Sebelumnya Anda membutuhkan email invitation untuk mengakses Pinterest, namun sekarang terbuka untuk umum. Melalui putaran pendanaan yang baik, Pinterest mampu meningkatkan pendapatan hingga 11 milyar US dollar. Pinterest menjadi salah satu dari sepuluh platform social paling berpengaruh saat ini.

Konteks : 81% pengguna aktif Pinterest adalah wanita, maka dari itu banyak topik yang berkaitan dengan dekorasi, desain interior, memasak, dan fashion style. Bergaya pin boards, Pinterest merupakan satu-satunya platform dimana menampilkan gambar secara vertical adalah yang terbaik. Gambar Anda perlu pemformatan khusus untuk terlihat bagus di Pinterest.

Influencer Marketing di Pinterest

Menumbuhkan audiens Anda sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, atau mungkin saja Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya. Anda dapat menggunakan influencer untuk mengiklankan produk Anda kepada audiens Pinterest. Sebagai contoh, ini adalah akun Pinterest yang mem-posting seputar DIY dengan 13 M followers:

Dan ini adalah influencer lainnya yang mem-posting tentang DIY, desain, dan dekorasi:

Melakukan Iklan di Pinterest

Tidak semua orang mau mencari, berbicara dengan, dan merekrut influencer. Jawabannya adalah melakukan iklan di Pinterest. Meskipun Pinterest memiliki kecenderungan gender yakni sebagian besar penggunanya adalah wanita, tidak menutup kemungkinan untuk orang membeli produk Anda. 93% pengguna menggunakan Pinterest untuk merencanakan pembelian emreka, dan 96% menggunakannya untuk mengumpulkan informasi produk.

Jika anda mempunyai produk-produk untuk wanita dengan visualisasi yang bagus dan tidak ingin berurusan dengan influencer, lakukan iklan di Pinterest.

7. Tumblr

Sejarah : pendirinya menyebut Tumblr sebagai microblogging platform. Didirikan pada tahun 2007 oleh David Karp. Platform ini bermanfaat untuk melakukan kurasi gambar. Pengguna dengan mudah dapat re-blog, retweets, dan memfavoritkan gambar-gambar yang disukai. Pada tahun 2017, Tumblr telah mendapatkan 375 juta blog. Beberapa diantaranya milik selebriti seperti Lady Gaga, dan Ariana Grande.

Pada tahun 2010, Tumblr hanya mengumpulkan seSkitar 1/10 pendanaan yaitu sekitar 125 juta US dollar. Kemudian Yahoo membeli Tumblr pada tahun 2013 dengan harga lebih dari 1 millyar US dollar. Saat ini, pengguna dapat membuat lebih dari 30 juta posting setiap harinya, dan Tumblr menghasilkan uang dengan iklan.

Konteks : Tampilan media yang sangat visual dimanfaatkan para desainer dan fotografer untuk menampilkan portofolio mereka. Fashion brand, dan blogger dapat menggunakannya untuk membuat konten dari industri mereka. Salah satu hal menarik dari Tumblr yakni GIF, gambar animasi yang bergerak berada tepat diantara foto dan video. Selain itu Tumblr juga berisi meme lucu, klip animasi, dan kutipan video pendek yang membuat pengguna betah untuk menikmati konten dari Tumblr.

Jika bisnis Anda bergerak di bidang fashion, desain, fotografi, atau industry visual lainnya, pastikan Anda untuk memulai Tumblr dengan serius.

Demografik Audiens Tumblr

Audiens di Tumblr sedikit berbeda dari platform social media lainnya. Sebagiaan besar orang berada di Tumblr untuk menikmati komik lucu, meme, dan gif. Bukan berarti sulit untuk melakukan pemasaran di platform ini, namun Anda harus cukup kreatif saat melakukannya. Sebagian besar pengguna Tumblr berusia 18 – 34 Tahun dimana mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengecek Tumblr dibanding Facebook.

Jika anda memiliki produk yang cocok untuk audiens Tumblr, Anda dapat menemukan peluang yang besar untuk memasarkan produk Anda.

8. Medium

Sejarah : Medium tumbuh menjadi salah satu situs blogging terbesar di web dengan peringkat ke 382 di Alexa. Alasan utamanya adalah desainnya yang sederhana dan minimalis. Ev Williams, salah satu pendiri Twitter, awalnya meluncurkan medium versi beta pada tahun 2012 sebelum akhirnya dibuka untuk umum. Mirip seperti Hemingway, namun perbedaannya terletak pada kemudahan pengguna untuk mem-publish konten dengan sekali tekan dibandingkan harus menyalin konten ke blog mereka sendiri. Sebelum Williams mendirikan Medium, ia juga menciptakan Blogger yang akhirnya ia jual ke Google. Terlihat jelas bahwa Williams mempunyai kemampuan pada bidang platform blogging.

Berkat banyaknya publikasi, Medium dapat berkembang dan menjadi cara untuk membangun seluruh audiens tanpa harus memiliki situs web sendiri. Topik yang populer ialah desain, marketing, startups, dan politik social.

Konteks : Medium adalah platform blogging, yakni Anda dapat memposting konten yang cukup panjang. Namun perlu dipahami, bahwa konten Anda tidak harus selalu panjang.

Medium menunjukkan waktu estimasi, berapa lama waktu yang Anda pakai untuk membaca, dalam setiap postingan yang ada. Jika seseorang melihat posting Anda dan estimasinya 20 menit untuk membaca konten Anda, kemungkinan mereka akan meninggalkannya. 7 menit adalah yang terbaik untuk melakukannya.

Jika anda memiliki banyak pengikut, Anda dapat menggunakannya untuk menaikkan artikel Anda ke front page karena banyak pengikut yang merekomendasikannya. Sedikitnya membutuhkan 50-100 pengguna yang merekomendasikannya dalam waktu 1 – 2 jam untuk mendapati artikel Anda berada di front page.

Demografik Audiens Medium

Pada bulan Desember 2017, Medium mendapatkan 150 juta kunjungan. Dan perlu diingat bahwa mayoritas pengunjung Medium adalah pria dengan pendidikan di atas rata-rata. Ini artinya, bisnis serupa resep makanan dan video hewan lucu bukan platform yang tepat untuk Anda. Medium mirip dengan LinkedIn, dimana sangat ideal untuk memposting konten yang lebih professional, misalnya seputar bisnis.

Akhirnya, jika konten Anda cenderung ringan, menarik, dan didominasi oleh wanita. Ada sebaiknya Anda pertimbangkan platform Pinterest. Namun jika Anda berbicara tentang hal-hal yang lebih serius, maka Anda tidak akan rugi untuk mempostingnya di Medium. Faktanya, banyak yang Anda bisa dapatkan disana.

Melakukan Content Marketing di Medium

Jika konten Anda relevan untuk pengguna Medium, maka menggunakan platform Medium sebagai pemasaran adalah hal yang tidak perlu Anda khawatirkan. Bahkan, untuk menggunakannya Anda tidak memerlukan biaya tambahan. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil posting blog yang sudah Anda buat dan repost di Medium. Itulah cara mudah untuk menambahkan viewers baru Anda. Sebagai contoh, Help Scout dan Larry Kim yang melakukan repost dari konten blog yang sudah ada.

9. Quora

Sejarah : Dua mantan karyawan Facebook menciptakan Quora tahun 2009 dan mempublikasikannya pada tahun 2010. Mereka berpikir bahwa Q&A adalah salah satu konsep yang bagus untuk dijadikan sebuah platform. Ternyata mereka benar, hanya dengan dana yang relatif rendah yakni 80 juta US dollar, mereka telah membangun Quora hingga lebih dari 190 juta pengguna dalam 8 tahun.

Meskipun tidak semua pengguna di Indonesia menggunakan Quora, nyatanya mungkin Anda telah memasuki situs Quora sebagai social media marketing.

Pengguna dapat mengajukan pertanyaan, dan jika pertanyaan/jawaban itu populer, maka pengguna dapat bertanya kembali. Pengguna juga dapat memilih jawaban untuk memastikan bahwa jawaban tersebut yang berkualitas (muncul di barisan awal).

Orang-orang menyukai tanya – jawab di Quora, dan beberapa jawaban yang bagus memiliki tampilan lebih dari 1 juta tampilan. Startup ini baru saja mengimplementasikan iklan pada pertengahan tahun 2016, menarik perhatian para pemasar di seluruh dunia digital.

Konteks : platform ini berpusat pada satu hal yakni pertanyaan. Anda dapat memanfaatkannya dengan memberikan jawaban berkualitas untuk pertanyaan – pertanyaan yang populer yang telah sering ditanyakan oleh pengguna. Selain itu, fitur polling membuat jawaban berkualitas menjadi yang teratas.

Cobalah untuk membuat jawaban yang masih berlaku satu, dua , atau lima tahun kedepan. Beberapa jawaban Quora paling populer datang dari beberapa tahun lalu. Anda juga dapat membuat posting blog yang memberikan jawaban sangat terperinci untuk pertanyaan yang populer. Kemudian, Anda dapat mempublikasikannya kembali sebagai jawaban untuk pertanyaan itu. Hal ini akan meningkatkan reputasi Anda, jika mereka menyukai jawaban Anda, kemungkinan mereka akan terus menelusuri jawaban lain yang Anda berikan.

Quora dan Content Marketing

Quora merupakan platform untuk membangun diri Anda menjadi seoang ahli dalam topim tertentu. Itu dapat terjadi dengan di acara yang berbeda, yakni di Quora maupun luar Quora. Pertama, Anda dapat menjawab pertanyaan pasar target Anda. Sebagai contoh Anda adalah seorang digital marketer dan Anda ingin memantapkan diri Anda sebagai seorang ahli di dunia digital, Anda dapat mengakses Quora dan menjawab pertanyaan seperti ini.

Kemudian jika jawaban Anda bagus, mereka akan menjadikan anda seorang winner dalam SEO Quora. Tetapi itu tidak cukup, Anda juga dapat menggunakannya dengan menemukan topik untuk blog Anda sendiri. Bagaimanapun, audiens Anda memiliki banyak pertanyaan. Dan mencari pertanyaan – pertanyaan itu bisa sangat melelahkan. Dengan Quora, semua itu menjadi mudah.

10. Periscope

Sejarah : Didirikan tahun 2014, sebagai pendatang baru Periscope hadir untuk layanaan aplikasi live streaming. Sejalan dengan tren video marketing, Periscope memberikan ruang untuk Anda melakukan streaming yang ditonton audiens secara langsung serta dapat memberikan komentar. Ketika Anda berbicara, audiens langsung dapat merespon, mengajukan pertanyaan, dan memberikan feedback. Setelah mengumpulkan dana sekitar 1.5 juta US dollar, Twitter mengakuisisi platform tersebut bahkan sebelum diluncurkan.

Twitter membuatnya menjadi platform dengan pertumbuhan yang eksplosif. Dalam empat bulan, Periscope mampu mengumpulkan sepuluh juta pengguna. Mayoritas pengguna Periscope berusia 16 – 24 tahun, dan sekitar dua pertiga dari pengguna adalah laki-laki.

Konteks : Periscope dapat menjadi platform untuk menceritakan bagaimana sebuah event Anda berjalan, bagaimana sebuah konferensi berlangsung. Anda dapat melakukan Q&A kepada audiens di live streaming Anda, dengan begitu suatu interaksi antar Anda dengan komentator terjadi. Anda perlu merangkai judul yang bagus dan memastikan bahwa Anda mempromosikan siaran itu terlebih dahulu, agar mereka benar-benar menonton video Anda. Gunakan hashtags yang relevan, dan tweet beberapa kali sebelum ditayangkan juga melakukan promosi di channel lain.

Melakukan Brand Image

Melakukan pemasaran memang untuk membangun brand awareness dan brand image. Namun, melakukan kedua hal itu seringkali sulit. Dengan Periscope, mereka langsung terlibat dengan Anda. Anda dapat mengungkapkan apa yang dilakukan bisnis Anda, mengapa orang harus bekerja dengan Anda.

Sebagai contoh, Adidas melakukan streaming yang menunjukkan influencer menandatangani kontrak dengan mereka. Anda pun dapat melakukan hal yang serupa untuk memperkuat citra brand Anda.

Kesimpulan

As a result, Anda sudah mengetahui 10 platform social media marketing untuk melakukan pemasaran. Anda pun telah tahu bagaimana masing-masing platform memberikan layanan yang berbeda, apa konteksnya dan siapa penggunanya.

Apakah Anda akan mengubah strategi social media marketing Anda?

Platform manakah yang akan menjadi fokus strategi Anda?

Beri tahu kami, dan tinggalkan komentar Anda.

Baca artikel terkait:

Horee Kreatif