fbpx

9 Tips Jitu Linkedin Marketing untuk B2B

Tren “Six Degrees of Separation” pada tahun 1990 menyatakan sebuah hipotesis bahwa siapa pun di dunia ini dapat terhubung dengan orang lain hanya dengan enam orang. Dunia yang lebih kecil berarti proses yang tidak pernah memiliki akhir. Bagaimana Anda menemukan cara untuk menghasilkan lead generation yang menarik?

LinkedIn telah menjadi platform yang efektif untuk menghasilkan konversi B2B dimana para marketer belum banyak untuk meng-explore nya. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menghasilkan leads dengan LinkedIn secara efektif.

Apakah LinkedIn benar-benar Efektif?

Jawaban singkatnya adalah, Ya.

Faktanya, ada beberapa ungkapan yang menarik dari Linked to Authority dalam beberapa tahun terakhir.

93% pemenang terbesar di LinkedIn adalah para marketer B2B yang merasa bahwa LinkedIn adalah tempat terbaik untuk meraih konversi yang tinggi. Dan 64% dari kunjungan situs web perusahaan berasal dari LinkedIn.

Namun terlepas dari statistik itu, Linkedin sebagian besar telah tumbang dalam menemukan leads B2B. Mengapa demikian? Dalam data yang dikumpulkan oleh HubSpot, media sosial secara keseluruhan bukan sumber utama perusahaan.

Tetapi, media sosial adalah bagian dari strategi untuk mendapatkan konversi. Dan dari semua platform sosial media, LinkedIn secara konsisten melakukan yang terbaik untuk menghadirkan konversi kepada B2B.

Mengapa Demikian?

Lebih dari 80% konversi dihasilkan oleh LinkedIn.

Jadi, meskipun media sosial secara keseluruhan tidak cukup bagus untuk mendapatkan lead generation bagi B2B, namun jika Anda dapat memposisikan diri Anda secara strategis maka akan menghasilkan prospek yang stabil. Meskipun LinkedIn bukan yang paling efektif, bukan berarti LinkedIn tidak berguna.

Sebagai contoh, Modern membantu perusahaan perangkat lunak di Australia dengan menghasilkan lebih dari 2 juta US dollar hanya dengan mengoptimalkan teknis pemasaran LinkedIn mereka. Dan mereka melakukannya hanya dalam tiga minggu. Setelah enam bulan, penghasilan mereka bertambah menjadi 6 juta US dollar.

Pertanyaannya adalah bagaimana Anda benar-benar mendapatkan leads dari LinkedIn?

Kami akan membagikan 9 tips jitu untuk menemukan leads dan mengoptimalkan bisnis Anda.

#1 : Buat Profil Perusahaan dengan Lengkap

Saat ini, ada lebih dari setengah milyar pengguna LinkedIn. Dengan pertumbuhan pengguna yang besar, Anda mendapatkan audiens global yang lebih meluas.

Pertama, create your own page.

Cukup masukkan nama perusahaan Anda,

kemudian unggah foto yang menggambarkan tentang perusahaan Anda,

gunakan logo yang iconic untuk brand Anda. Lanjutkan dengan meng-create About Us yang merangkum tentang informasi perusahaan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa LinkedIn memiliki batasan karakter yang sangat mirip dengan meta descriptions. Buatlah deskripsi perusahaan dengan jelas dan tidak melebihi batasan karakter. Letakkan situs web, industry, dan informasi tambahan Anda di bagian bawah About Us.

Ini adalah cara sederhana untuk menampilkan konteks perusahaan kepada pengunjung Anda. LinkedIn akan menggunakan informasi ini untuk membantu Anda muncul dalam halaman pencarian yang dilakukan orang lain di LinkedIn.

Kemudian, bagikan lokasi fisik perusahaan Anda. Semakin banyak potensial leads yang mengenal Anda, maka itu semakin baik untuk perusahaan Anda. Dengan mengatur lokasi, Anda dapat terhubung dengan perusahaan atau bisnis yang berada di sekitar area Anda.

Local Referrals adalah cara yang baik untuk menunjukkan kepercayaan yang lebih besar kepada audiens Anda. Hal terakhir yang dapat Anda tambahkan adalah Featured Groups. Ini merupakan hal yang krusial untuk mendapatkan leads baru.

LinkedIn juga merekomendasikan Anda untuk tetap mengingat memasukkan keywords di bagian About Us. Setelah semuanya selesai, maka Anda harus meng-create links untuk page perusahaan Anda, posting tautan ke page Anda dari situs web Anda. Anda juga dapat memasukkannya dalam posting blog.

#2 : Posting Konten yang Actionable

Jika anda sudah melakukan set up perusahaan Anda, sekarang saatnya Anda untuk mulai berbagi konten. Dengan adanya kesulitan menemukan audiens yang siap dan mau mengkonsumsi konten Anda, maka content marketing adalah jawabannya. Dan itu berlaku di platform mana pun.

Share konten setiap hari secara rutin akan memudahkan Anda untuk mendapatkan jangkauan dan engagement yang luas. Kami juga merekomendasikan Anda untuk menggunakan semua jenis atau tipe posting yang berbeda di LinkedIn seperti menulis artikel, mengunggah gambar atau pun video.

Jika Anda ingin menulis sebuah posting, maka Anda akan diarahkan ke halaman seperti ini :

Anda dapat membuat judul yang menarik, dibarengi dengan unggahan foto yang eye-catching, dan men-share pengetahuan Anda tentang topik apa pun yang relevan dengan bisnis Anda.

Kami merekomendasikan Anda untuk men-share sedikit konten dibarengi dengan tautan link ke posting blog Anda yang lengkap. Dengan begitu, ketika seseorang membaca konten Anda dan getting addicted, mereka pastinya akan mengklik untuk membaca lebih banyak konten Anda.

Selain itu, Anda juga dapat men-share sesuatu yang menginspirasi seperti gambar atau quotes untuk membantu Anda selalu terhubung dengan jaringan Anda.

Apa pun jenis konten yang Anda pilih untuk dikirimkan, Linked to Authority akan merekomendasikan 5 – 10 posting yang dipublikasikan di LinkedIn Page untuk meningkatkan kredibilitas. Berikut tampilannya :

Jangan hanya memposting konten lama, karena ada lebih dari tiga juta artikel panjang yang ditulis di LinkedIn, selain itu ada 100.000 artikel yang diterbitkan di LinkedIn setiap minggu. Anda perlu membuat konten yang menonjol sekaligus memenuhi kebutuhan audiens Anda.

LinkedIn mengklaim bahwa setidaknya diperlukan sepuluh konten untuk mendapatkan satu konversi. Hal terakhir yang perlu diingat adalah bahwa viewers Anda harus meng-klik sebelum mereka mengonversi Anda. Bangunlah rasa keingintahuan dalam konten Anda dan implementasikan kata – kata melalui tindakan. Sebagai contoh :

Membuat pertanyaan mendasar dan bermanfaat yang membuat seseorang harus menjawabnya sebagai strategi marketingnya. Semua akan tertuju untuk meng-klik read more untuk membaca lebih lanjut konten tersebut. Orang akan cenderung untuk meng-klik suatu posting yang membuat mereka penasaran dan berpikir.

#3 : Gunakan Fitur Matched Audiences

Anda dapat membuat konten bersponsor, iklan teks biasa, dan bahkan mengirim pesan bertarget dengan InMail yang disponsori.

Lebih penting lagi, Anda dapat menggunakan tools LinkedIn Matches Audiences untuk menargetkan kembali pengunjung yang sudah ada di channel penjualan Anda. Fitur ini merupakan fitur terbaru dari Microsoft yang memungkinkan Anda untuk membantu mengoptimalkan LinkedIn sebagai platform iklan.  

Anda dapat menargetkan ulang pengunjung situs web dan menambahkan kontak email untuk menargetkan mereka dengan iklan LinkedIn.

98% pengunjung situs web Anda mungkin tidak langsung mengonversi pada kunjungan pertama mereka, dengan melakukan retarget Anda dapat membuat perubahan lebih baik untuk mengonversi mereka.

Audiens LinkedIn adalah para professional, yang berarti audiens Anda lebih cenderung untuk membeli.

#4 : Search for Individuals

 Terkadang Anda mungkin menginginkan suatu koneksi dengan perusahaan dengan tujuan membuat jalan luas bagi leads Anda untuk mengonversi.

LinkedIn menyadari hal itu dan membuat fitur canggih yang memungkinkan Anda mencari individu dengan akurasi yang tepat. Anda dapat melakukan search, dan melakukan filter lokasi, mutual connections, dan bahkan perusahaan tempat mereka bekerja saat ini.

Jika Anda menginginkan hasil yang lebih spesifik, Anda dapat memanfaatkan fitur pencarian yang lebih canggih lagi dengan memilih tab All Filters. Apakah platform lain mampu memiliki kemampuan semacam itu secara gratis?

Anda harus benar-benar bekerja keras untuk menemukan individu yang memiliki wawasan dan koneksi yang Anda butuhkan.  Idenya disini adalah untuk menemukan dan membangun koneksi dengan orang-orang dalam suatu organisasi atau perusahaan. Daripada mereka datang mencari Anda, lebih baiknya Anda menunjukkan inisiatif dngan mencarinya terlebih dahulu.

#5 : Mencari Grup sesuai niche Anda

LinkedIn Groups adalah salah satu fitur yang dapat menghubungkan Anda dengan orang lain (biasanya professional), dan berinteraksi dengan pikiran yang sama di industri Anda.

LinkedIn Groups adalah tempat dimana Anda dapat menjalin koneksi dan percakapan tentang apa yang terjadi di Dunia anda akan disambut oleh highlight yang dikurasi ketika memasuki LinkedIn Groups.

Anda dapat menemukan grup baru di industry Anda dan meminta untuk bergabung dengan mereka,

dengan begitu Anda juga dapat melakukan percakapan dengan professional tertentu di circle grup.

#6 : Membuat Grup di LinkedIn

Cara lain untuk menghasilkan leads di LinkedIn adalah dengan membuat grup. Terlebih jika Anda tidak menemukan komunitas yang cocok untuk industri Anda. Kepemilikan grup membantu Anda untuk menonjolkan diri sebagai pemimpin di industri Anda. Mulailah dengan klik create group (buat grup).

Kemudian Anda diminta untuk memberikan informasi umum perusahaan seperti logo, judul, dan deskripsi untuk komunitas Anda.

Anda perlu mengatur beberapa aturan untuk grup Anda agar menarik.

Anda harus memutuskan apakah Anda ingin grup Anda ditetapkan sebagai Standard Group yang dapat dilihat oleh perusahaan.

Kunci dari semua keputusan Anda adalah memposisikan diri sebagai prioritas.

Jangan memprioritaskan penjualan. Dan juga perlu diingat bahwa ini bukan sebuah kontes.

#7 : Gunakan InMail

InMail adalah bagian dari strategi LinkedIn yang efektif. Ada satu kelemahan yang dimiliki InMail, namun hal itu cukup kecil. Ya, InMail adalah layanan berbayar. Tetapi apa yang Anda lakukan bernilai lebih dari 79 Us dollar per bulan. Dengan InMail, Anda dapat langsung terhubung dengan siapa pun di LinkedIn dan memanfaatkan hubungan Anda dengan orang-orang sekaligus yang berada didalam grup dalam format yang lebih pribadi.

Tingkat respon InMail adalah tiga kali lebih baik dari email lainnya. InMail juga memiliki analitik yang digunakan untuk membantu menyempurnakan pesan Anda.

#8 : Ikuti LinkedIn Marketing Blog

LinkedIn Marketing Blog merupakan artikel pilihan khusus yang dirancang untuk membantu Anda meningkatkan pemasaran melalui LinkedIn. Anda dapat mengecek advice tentang cara memanfaatkan toolkit LinkedIn yang telah ada. Anda juga dapat mengetahui kapan mereka memperbarui tools mereka dan merilis fitur-fitur baru.

#9 : Gunakan LinkedIn Sales Solutions

Sales Solutions memungkinkan Anda untuk menargetkan, meneliti, dan meng-engage dengan prospek baru tanpa batas. Sales Solutions cukup fleksibel untuk mengakomodasi tim sales dengan size berapapun. Meskipun layanan ini berbayar, LinkedIn mengklaim bahwa Anda akan mendapatkan 35% penawaran yang lebih besar dan membuka peluang untuk mendapatkan uang sebanyak 34%.

Microsoft sendiri telah meningkatkan produktivitas penjualan mereka sebesar 38% dengan menggunakan Sales Solutions. Layanan ini tentunya memiliki lebih banyak kustomisasi dibandingkan platform yang tidak berbayar.

Featured Customers membagikan studi kasus yang menunjukkan bagaimana perusahaan IT yang berasal dari Spanyol, ComunyCarse menggunakan Sales Solutions untuk mendapatkan pengaruh yang signifikan. Mereka mendapati peningkatan konversi setara 20% dari LinkedIn. Mereka juga mampu menghasilkan dua hingga tiga lead kuat per minggu.  Selain itu mereka juga melihat peningkatan yang drastis dalam menumbuhkan semangat perusahaan.

Kesimpulan :

Hanya karena dunia semakin kecil bukan berarti Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan leads. Sebaliknya, Anda dapat memikirkan bahwa dunia digital menjadi peluang besar bagi bisnis Anda. Dengan LinkedIn, dunia yang kecil menjadi tampak memiliki potensial yang besar. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan LinkedIn sebagai platform pembangkit lead generation yang melengkapi keberadaan digital Anda.

Mulailah dengan membuat Company Page yang sangat meyakinkan, dan bagikan konten yang berkualitas. Gunakan iklan berbayar untuk menjangkau viewers baru, dan targetkan ulang dengan Matched Audiences. Cari individu dan grup yang membantu Anda terhubung dengan para profesional. Gunakan InMail untuk tetap terhubung dengan calon pelanggan berpotensial dengan tingkat respon yang bahkan lebih baik dari email Anda. Selalu up to date dengan LinkedIn Marketing Blog. Pertimbangkan untuk menggunakan Sales Solutions untuk menargetkan, meneliti, dan menjangkau. Jika Anda menggunakan 9 tips ini dengan baik, Anda sudah selangkah lebih maju untuk menghasilkan leads lebih banyak.

Strategi apa yang Anda gunakan untuk memulai percakapan di LinkedIn?

Baca artikel terkait:

Horee Kreatif