fbpx

SEO Made Simple: Panduan langkah demi langkah

SEO

Apakah Anda tahu berapa banyak postingan blog yang dipost setiap harinya?

Pengguna WordPress sendiri menerbitkan lebih dari 2 juta postingan setiap hari, dan 24 postingan blog setiap detiknya. Hal itu berarti bahwa pengguna menerbitkan sekitar 216 postingan blog. Angka itu baru sebatas pengguna WordPress. Jika kita menghitung semua postingan blog selain wordpress, jumlah itu pasti akan lebih banyak lagi.

Banyaknya pengguna yang memposting blog setiap hari akan membuat Anda sulit bersaing, postingan Anda akan sulit untuk menonjol, karena beratnya persaingan. Akan tetapi Anda harus melakukan banyak usaha jika Anda ingin postingan blog Anda bisa bersaing dibandingan dengan postingan lainnya.

Sejauh ini, saya sering menghabiskan 4-5 jam menulis postingan di blog saya, sebagai catatan penting, dalam sepuluh menit saya habiskan untuk mengoptimalkan setiap postingan saya.

Tidak heran kalau saat ini jutaan orang menggunakan istilah “SEO” setiap bulan.

Pada hari tertentu, banyak orang melakukan lebih dari 2,2 juta pencarian. Dan itu baru sebatas di Google, belum termasuk pencarian di search engine lainnya.

Oleh karena itu, kemunculan postingan kita di halaman depan Google dapat menjadi faktor penentu apakah bisnis kita menjadi bisnis yang berkembang atau bisnis yang tidak berkembang.

Lalu apa artinya SEO?

Nah disini saya jelaskan, Anda mungkin tahu apa itu singkatan dari optimize search engine, tetapi apa yang Anda butuhkan untuk mengoptimalisasikannya?

Bagaimana desainnya? Atau bagaimana tulisannya? Atau mungkin apa bentuk tautannya, dan lebih banyak lagi pertanyaannya.

seo 2020

Sekarang, mari kita mulai panduan SEO ini.

Definisi: SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimize. Yang merupakan upaya terbaik pada search engine yang tidak memerlukan bayaran, hal ini juga dikenal sebagai daftar organik.

Search Engine Optimize (SEO) adalah proses mengoptimalkan konten Anda, sehingga search engine senang untuk menampilkannya sebagai hasil teratas untuk pencarian kata kunci tertentu.

Disini saya jelaskan lebih jauh:

Ketika menggunakan SEO, ada beberapa unsur di dalamnya, ada Anda, search engine dan searcher. Jika Anda memiliki artikel tentang cara membuat lasagna vegan, Anda ingin search engine (dalam hal ini Google) untuk menampilkannya sebagai hasil teratas bagi siapa saja yang mencari kata “lasagna vegan.”

SEO adalah magic, Anda harus membuat sebuah artikel Anda semenarik dan sejelas mungkin untuk membuat Google ‘mau’ untuk memasukkan postingan Anda sebagai salah satu hasil teratas setiap kali seseorang mencari kata kunci itu.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan SEO, Anda dapat menggunakan jasa SEO yang pastinya jasa SEO tersebut memiliki keahlian serta berpengalaman.

Tak lain, jasa SEO juga tidak sembarangan Anda pilih karena diperlukan pakar SEO yang dapat merencanakan strategi apa yang akan digunakan untuk bisnis Anda.

Disini, kami akan menggali lebih dalam tentang SEO

Gambaran

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, sebagian besar online experiences dimulai dengan search engine, dan hampir 75% para pencari akan memulai pencarian mereka di Google. Ada fakta yang sama sama harus kita ketahui, bahwa lima hasil pencarian pertama di Google mendapatkan 67% dari semua klik, dan hal ini menjadi jawaban mengapa optimasi search engine sangat penting.

Jika postingan blog Anda, artikel, atau produk Anda ada di halaman yang bukan halaman pertama dari hasil pencarian Google, maka itu sama artinya dengan artikel anda tidak ada peringkat sama sekali dimata Google.

Untuk memahami bagaimana caranya agar bisa muncul pertama kali dalam hasil search engine, Anda harus terlebih dahulu tahu cara kerja search engine.

How Search Work:

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar SEO, saya akan memberi tahu beberapa komponennya secara terperinci.

Google menjaga algoritma pencarian mereka dengan cukup baik. Ada dua sisi kekuatan SEO, dan Anda harus bisa menentukan pilihan SEO model seperti apa yang cocok dengan keperluan bisnis Anda.

SEO Black Hat dan SEO White Hat

SEO black hat

SEO jenis ini berfokus pada pengoptimalan konten Anda hanya untuk search engine, tidak mempertimbangkan humans sama sekali. SEO ini berfokus pada cara untuk mengabaikan aturan dalam membuat situs Anda agar mendapatkan peringkat tinggi, ini adalah cara utama bagi SEO black hat untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Namun, pada akhirnya, pendekatan dengan cara ini hanya akan menghasilkan spam, halaman jelek yang sering diblokir dengan sangat cepat. Hal itu akan sering mengakibatkan hukuman berat bagi marketer, merusak peluang mereka untuk membuat usahanya bisa berkembang.

Anda mungkin mendapatkan peluang besar dengan cara ini, tetapi Anda harus terus mencari pembaruan search engine dan menemukan cara baru untuk menghindari aturan-aturan yang dibuat oleh Google.

SEO white hat

Di sisi lain, ada cara untuk membangun bisnis online yang berkelanjutan. Jika Anda melakukan SEO dengan cara ini, Anda akan fokus pada audiens Anda.

Anda akan mencoba memberi mereka konten terbaik dan membuatnya mudah diakses oleh mereka dengan bermain sesuai dengan aturan search engine.

Seperti yang Anda ketahui, hidup tidak selalu hitam atau putih.

Hal yang sama juga berlaku untuk SEO. Sebenarnya ada sesuatu di tengah-tengah debat hat ‘white vs black’. yaitu Grey hat SEO, seperti namanya abu-abu, sedikit putih dan sedikit hitam. Itu artinya tidak sebaik seperti white hat. Tapi itu tidak cukup menipu seperti black hat.

Metode SEO ini mengajarkan bahwa Anda tidak mencoba menipu siapa pun atau dengan sengaja mempermainkan sistem Google. Namun, Anda mencoba untuk mendapatkan keuntungan yang berbeda dengan menggabungkan kedua caranya.

Lihat, standar Google tidak jelas. Mungkin terkadang google juga sering mengatakan hal-hal yang bertentangan. Misalnya, Google mengatakan mereka bukan penggemar guest blogging to build links.

Tapi bagaimana dengan guest blogging untuk membesarkan merek Anda? Bagaimana jika Anda sendiri bisa melakukannya untuk menghasilkan lalu lintas search yang berkualitas tinggi?.

Itu semua adalah alasan mengapa saya masih merekomendasikannya.

Orang lain mungkin tidak setuju dengan saya dalam hal ini, tapi hal itu tidak masalah. Itulah yang membuat marketer online, dan SEO khususnya, sangat menyenangkan.

Ini adalah permainan. Dan setiap orang dapat mencoba dengan metode yang berbeda untuk mendapatkan.

SEO berubah setiap saat.

Selain itu, sebagian besar dari apa yang kita kenal sebagai ‘aturan’ hanyalah SEO yang membuat prediksi, jadi SEO bisa berubah mengikuti tren yang ada.

Itu sebabnya ada begitu banyak ruang untuk SEO grey hat untuk menyelinap masuk

Jika sangat tergantung pada SEO, lalu bagaimana Anda mengikuti perubahannya?

SEO super pintar, banyak cara untuk melakukan taktik membangun tautan yang dapat diukur. Semua taktik marketer harus dapat diukur.

Tapi di sini masalahnya, hampir setiap ‘taktik membangun tautan yang dapat diukur’ bergantung pada cara SEO black hat, dan Anda tidak tahu sampai dimana batas ketergantungannya, lalu bagaimana Anda melakukannya?

Secara teknis Anda harus dapat mempertimbangkan bahwa ini bertentangan dengan aturan Google. Sering kali, pada prakteknya Anda harus mengambil risiko.

Masalah lain adalah peringkat search engine masih belum sebaik yang seharusnya.

Itulah sebabnya orang-orang secara terbuka mengakui melakukan taktik grey hat atau black hat seperti membuat jaringan blog pribadi mereka sendiri, meskipun Google berulang kali memberi peringatan terhadap pendekatan ini.

Anda masih dapat memainkan atau memanipulasi sistem sampai tingkat tertentu.

Tahun lalu, ada beberapa prediksi SEO unik untuk tahun ini. Dan salah satunya berfokus pada increasing search engine result page (SERP) click-through rates (CTR) untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Taktik seperti ini akan menjadi taktik black hat baru.

Ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan, termasuk meningkatkan hubungan Facebook Anda untuk membantu memberikan sedikit peluang peningkatan pada jangkauan organik Anda.

Saya tidak akan mengatakan grey hat itu baik atau buruk. Hal ini Anda yang harus  putuskan.

Tapi disini saya berkosentrasi pada sesuatu yang sangat jarang Anda dengar ada orang membicarakannya di depan umum: SEO is a zero-sum game.

Banyak pesaing Anda akan melakukan apa pun untuk mencapai peringkat teratas. Itu berarti artinya pesaing Anda bisa menggeser Anda, mendorong Anda lebih jauh ke dalam ketidaksuksesan.

Jadi, Anda sendiri yang harus memutuskan metode SEO mana yang akan Anda ambil dan tingkat risiko apa yang lebih kecil Anda terima.

Cleaning inside your house and outside: on-page SEO vs. off-page SEO

on-page SEO menyangkut semua faktor peringkat Google yang mereka tentukan dengan melihat langsung kepada halaman yang Anda coba optimalkan, seperti tajuk utama, konten, dan struktur halaman Anda.

off-page SEO mengacu pada semua variabel yang dilihat Google, dan tidak eksklusif di tangan Anda sendiri. Hal ini bergantung pada sumber lain, seperti jaringan sosial, blog lain di industri Anda, dan sejarah pribadi pencari.

Keduanya berbeda, tetapi Anda harus melakukan keduanya dengan benar agar dapat menemukan SEO terbaik.

Untuk memberi Anda masukkan yang lebih baik tentang apa artinya itu, mari kita paparkan sebuah contoh:

Katakanlah Anda memiliki rumah dengan taman di halaman depan dan jalur kecil yang mengarah melalui halaman depan Anda ke rumah Anda.

Bayangkan dua skenario ini:

Skenario #1: Rumah Anda sangat bersih di bagian dalam, tetapi halaman depan Anda berantakan.

Apa yang terjadi dalam skenario ini? Nah, bahkan jika Anda memiliki rumah terbersih di dalam, jika taman Anda terlihat seperti hutan, tidak ada satu orangpun yang akan datang ke rumah Anda. Hal ini sama jika Anda belum mengoptimalkan halaman Anda dengan SEO of-page.

Mungkin Anda memiliki konten yang hebat, tetapi kemungkinan tidak akan ada satupun halaman pencari yang mengarahkan para pencari untuk masuk ke halaman Anda. Tidak ada seorang pun yang akan melihat tulisan Anda, dan Anda tidak akan mendapatkan traffic apa pun.

Bagaimana dengan sebaliknya?

Skenario #2: Anda telah memangkas rumput dengan rapi, tetapi bagian dalam rumah Anda berantakan.

Balikkan keadaan, Anda memiliki halaman rumput yang bagus akan menarik banyak orang untuk mengunjungi rumah Anda, tetapi jika ruang tamu Anda berantakan, maka orang akan pergi lebih cepat daripada yang Anda bayangkan.

Ketika pengunjung meninggalkan situs Anda setelah melihat satu halaman, Google menganggapnya sebagai bounce rate. Semakin tinggi rasio bounce rate Anda (jumlah pengunjung yang meninggalkan situs Anda secara instan), semakin buruk peringkat halaman Anda dimata Google.

We’ll take a look at on-page SEO first. Anda dapat melakukan beberapa hal pada halaman Anda untuk mendapatkan cara yang benar.

Kami akan memperlihatkan SEO On-Page terlebih dahulu.

SEO On-Page

Ada tiga kategori besar SEO On-Page yang harus Anda perhatikan. Yang pertama dan paling penting adalah konten.

Konten

Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya: “Konten adalah raja.” Bill Gates membuat prediksi ini pada tahun 1996, dan hal itu adalah benar.

Mengapa?

Karena pelanggan search engine Google senang ketika ia berhasil menemukan hasil yang memenuhi kebutuhannya dengan cara terbaik.

Ketika Anda mencari “mac dan keju buatan sendiri yang cepat dan mudah,” Google akan memberikan kepada Anda apa yang Google yakini adalah resep terbaik untuk membuat mac dan keju buatan sendiri di seluruh web. Google mencoba memberi Anda apa yang Anda minta.

Google selalu berusaha memberi Anda hasil pencarian terbaik dengan mengarahkan Anda ke konten terbaik yang bisa ditemukan.

Ini berarti bahwa pekerjaan nomor satu Anda dengan SEO yang baik adalah menghasilkan konten yang hebat.

SEO tidak berbeda dengan keterampilan lain: hasil yang bagus akan selalu datang dari usaha besar.

Sama seperti marketer terbaik di dunia tidak akan membantu Anda menjual produk yang buruk, SEO super canggih tidak akan berguna jika konten Anda tidak menarik.

Kualitas

Konten dengan kualitas terbaik merupakan titik awal untuk setiap upaya SEO yang sukses.

Membuat konten yang bagus tidaklah mudah.

Namun, Anda tidak harus memulai dari awal. Anda dapat memulai dengan “menumpang” pada konten yang telah dibuat orang lain dan kemudian membuatnya lebih baik, dan lebih mendalam.

Atau mungkin jika Anda sudah memiliki ide sendiri, ada baiknya menganalisis kembali dan kemudian menampilkan dengan judul yang menarik untuk memulainya.

Setelah Anda mulai menulis, pastikan Anda memasukkan semua bahan penting ke dalam postingan blog Anda.

Bahkan jika Anda seorang pemula yang baru, Anda hanya perlu konsisten untuk menulis kebiasaan sehari-hari dan meningkatkannya secara bertahap.

Keyword Research

Melakukan penelitian kata kunci Anda diawal adalah bagian penting dari konten yang hebat. Anda perlu memilih kata kunci Anda sebelum mulai menulis.

Penggunaan kata kunci

Google menjadi lebih baik selama bertahun-tahun. Meskipun Anda harus menggunakan kata kunci di seluruh konten Anda, memasukkan kata kunci ke dalam teks Anda sebanyak mungkin bisa jadi malah akan merusak peringkat Anda daripada meningkatkannya.

Isi kata kunci adalah mutlak. Saat ini, penggunaan kata kunci lebih banyak tentang semantik.

Google telah sangat baik dalam menafsirkan makna kata kunci pencarian sehingga sangat menakutkan.

Selama Anda memastikan kata kunci Anda ada di tempat-tempat penting yang strategis (seperti tajuk utama, URL, dan meta description), tidak perlu menyebutkannya berkali – kali dalam teks Anda.

Fokus saja pada pembaca dan integrasikan kata kunci Anda dengan mulus beberapa kali.

Fresh‘ Konten

Memposting lebih sering bisa meningkatkan peringkat Google. Namun, memposting konten baru bukan hanya satu satunya cara untuk memberi sinyal ‘fresh‘ bagi Google.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan konten yang sudah Anda publikasikan agar lebih baru dan ‘fresh‘ dimata google.

Sebagai contohnya, Brian Dean dari Backlinko, hanya menerbitkan sekitar 30 posting dalam dua tahun.

Namun, ia tetap memperbarui semua posnya dengan menulis ulang dan menambahkan informasi baru saat ia menemukannya.

Meskipun penting untuk menerbitkan secara teratur, Anda masih bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan memposting sebulan sekali selama konten yang ditulis Anda teliti dengan mendalam.

Direct Answers

Google terkadang akan memberikan jawaban langsung kepada direct search di SERP. Jika Anda menulis konten Anda dengan cukup jelas sehingga Google dapat mengenalinya sebagai jawaban atas pertanyaan tertentu, itu akan muncul langsung di bawah bilah pencarian.

Matt Cutts, mantan kepala tim spam Google, sering kali memberi tahu kepada publik untuk perubahan SEO dan algoritma terbaru, tahun lalu mengumumkan bahwa orang-orang yang memotong tulisan yang tidak fokus akan berada di jalur yang benar.

Jadi, pastikan Anda membersihkan tulisan Anda. Kata kunci yang terlalu mewah dan konstruksi kalimat yang rumit tidak akan membuat Anda terdengar pintar atau membantu permainan SEO Anda.

Pilihan Kata Kunci

Sekitar 90% SEO sering berkisar pada pemilihan kata kunci. Kata kunci menentukan apa yang dimaksud dengan setiap konten.

Ini menentukan apa yang Anda sebut di situs Anda atau bagaimana Anda menggambarkan merek Anda secara online.

Kata kunci bahkan menentukan bagaimana Anda membangun tautan, termasuk segala sesuatu mulai dari taktik yang Anda pilih hingga bagaimana Anda berencana menerapkannya.

SEO terbaik terus melakukan Keyword Research, mengevaluasi ulang jika kata kunci pada konten yang ada sudah tidak masuk akal. Inilah cara orang pintar membuat keputusan mengganti kata kunci yang buruk.

Kesalahan penelitian kata kunci yang umum

#1: Memilih kata kunci yang salah

Satu kata kunci itu dapat mengirim situs Anda ke ribuan orang setiap bulan. Namun, mungkin itu audiens yang salah. Anda akan lebih baik memilih kata kunci yang berbeda walaupun itu berarti memberikan sedikit kunjungan dalam sebulan.

Walaupun hanya satu atau dua orang yang membaca konversi itu, akan tetapi Anda sudah berada di halaman depan.

#2: Mengabaikan kompetisi

Anda telah memilih kata kunci yang tepat dari awal. Ini relevan secara kontekstual dengan apa yang Anda lakukan. Dan itu lebih sesuai dengan apa yang Anda coba jual.

Jadi apa hal berikutnya yang Anda lakukan? Anda membuka alat volume kata kunci seperti Perencana Kata Kunci Google atau bahkan yang berbayar seperti SEMrush.

Pada akhirnya, Anda akan mulai tertarik pada pencarian dengan jumlah pencarian tertinggi.

Tapi ada satu hal yang Anda lewatkan, kemampuan Anda untuk menentukan peringkat kata kunci seringkali lebih tergantung pada kompetisi dengan lawan Anda.

Masalah terjadi ketika Anda membandingkan situs Anda sendiri dengan yang saat ini ada diperingkat atas.

Ada banyak situs yang telah ada selama bertahun-tahun. Mereka semua memiliki ratusan (jika tidak ribuan atau puluhan ribu) tautan. Persaingan untuk permintaan ini sama kompetitifnya dengan yang populer pertama.

Bagaimana Anda dapat menemukan kata kunci yang:

  • Relevan dengan bisnis Anda
  • Tidak terlalu kompetitif
  • Tetap memberikan traffic yang cukup agar sepadan dengan usaha?

Jawabannya adalah Anda harus berpikir lebih jauh lagi. Begini caranya.

Tip penelitian kata kunci #1: Fokus pada maksud pencarian

Kebanyakan orang fokus pada kata kunci. Secara naluri, itulah yang ingin Anda lakukan. Jangan hanya melihat apa yang diketik orang, Anda juga harus mencoba mengidentifikasi apa yang mereka cari. Inilah yang dimaksud “maksud pencarian”.

Mari kita mulai dengan skenario dasar untuk menyoroti perbedaannya.

Anda memiliki situs pencarian kerja. Anda menghasilkan uang dengan membuat perusahaan menawarkan lowongan kerja di situs Anda. Itu berarti Anda perlu mendapatkan peringkat halaman pencarian kerja dengan baik sehingga orang-orang yang datang ke situs Anda memang benar-benar membutuhkan info dari situs Anda

Semakin banyak orang yang menemukan pekerjaan melalui situs Anda, semakin banyak Anda akan dibayar.

Disisi lain, jika Anda menggunakan hasil pencarian berbayar lainnya, mereka hanya mencoba menjual alat kepada Anda, terlepas dari kenyataan bahwa orang yang mencari di sini ingin melihat beberapa opsi.

Perusahaan-perusahaan itu melihat daftar kata kunci tanpa mempertimbangkan motivasi yang mendasari setiap pengguna. Dengan alat pencarian berbayar Anda bisa menarik daftar kata kunci di beberapa alat, peringkat berdasarkan volume pencarian.

Orang-orang berikut mencari “alat otomatisasi marketer terbaik” adalah sebagai berikut:

  • Pengguna WordPress
  • Profesional B2B
  • Usaha kecil
  • Startup

Masing-masing adalah audiens yang sama sekali berbeda. Masing-masing mungkin memiliki anggaran sendiri.

Misalnya, startup yang didukung usaha bersedia membayar lebih dari bisnis kecil.

Masing-masing juga memiliki kebutuhan sendiri.

Pengguna WordPress akan menginginkan plugin sederhana untuk menjalankan kampanye langsung dari dalam aplikasi, sedangkan profesional B2B mungkin platform agnostik.

Atau, mereka mungkin ingin menjalankan situs web mereka melalui alat otomatisasi sehingga ada lebih sedikit untuk dikelola.

Lihat implikasinya? Itu mengubah kata kunci yang Anda targetkan.

Halaman yang Anda buat atau postingan blog yang Anda buat akan membahas subset dari masing-masing untuk bersaing untuk kata kunci terbaik di setiap bidang.

Tetapi itu berdampak pada kampanye yang pada akhirnya akan Anda jalankan.

Peluang kesuksesan Anda akan lebih tinggi karena kurang kompetisi. Dan audiens situs akan jauh lebih tertarik pada apa yang harus Anda jual.

Itu berarti Anda tidak hanya akan mendapatkan tautan atau peringkat pencarian yang lebih baik, tetapi juga lebih banyak pendapatan.

HTML

Setelah Anda memastikan konten Anda selalu hijau, bagian besar berikutnya yang harus Anda urus adalah HTML.

Anda tidak harus menjadi pembuat kode profesional atau mendapatkan gelar dalam pemrograman dengan cara apa pun.

Tetapi, menjalankan bisnis online tanpa mengetahui dasar-dasar HTML akan sama dengan mengemudi tanpa mengetahui apa arti warna lampu lalu lintas.

Untungnya, ada banyak tempat lebih dari cukup untuk mempelajari segala sesuatu tentang HTML yang Anda butuhkan dalam sekejap mata dan gratis.

Anda bahkan dapat mempelajarinya di tempat kerja hanya dengan menggunakan lembar contekan sederhana seperti ini.

Mari kita lihat empat bagian HTML yang harus Anda optimalkan untuk setiap bagian konten yang Anda hasilkan.

Jasa SEO juga melakukan hal serupa untuk mengoptimalkan HTML Anda.

Judul tag

Judul tag adalah setara online dari berita utama surat kabar. Judul tag adalah apa yang muncul di tab browser Anda ketika Anda membuka halaman baru. Tag HTML untuk mereka disebut judul. Hal ini disebut juga dengan tag-h1, yang merupakan singkatan dari heading of first order.

Setiap halaman hanya boleh memiliki satu tag-h1 untuk membuat judulnya jelas bagi Google.

Meta Descriptions

Meta Descriptions adalah apa yang muncul sebagai kutipan ketika Google menampilkan halaman Anda sebagai hasil pencarian.

Jika Anda mengoptimalkan hasil Meta Descriptions, Google tidak akan pernah memotongnya atau membuatnya tampak seperti berakhir di tengah kalimat.

Uraian meta yang dioptimalkan juga sering menyebutkan kata kunci konten di muka.

Anda dapat mempelajari cara membuat tag meta yang bagus dan juga harus memeriksa beberapa contoh yang bagus untuk memahami deskripsi.

Cara favorit saya untuk mengedit keduanya adalah dengan menggunakan plugin Yoast SEO WordPress.

Saya menggunakannya di banyak situs saya, karena hanya ini plugin SEO terbaik di pasaran. Ini yang paling populer, mereka memperbaruinya hampir setiap minggu, dan itu mencakup banyak fitur hemat waktu yang canggih.

Ini tidak hanya akan membantu Anda mengedit judul dan metadata dengan cepat, tetapi juga membantu Anda mengatur metadata untuk setiap jejaring sosial sehingga Facebook, Twitter, dll.

Skema

Skema adalah hasil kolaborasi beberapa search engine. Ini pada dasarnya hanya sebagian dari tag HTML tertentu yang akan meningkatkan cara halaman hasil search engine menampilkan konten Anda.

Subjudul

Saya sebelumnya mengidentifikasi subjudul sebagai salah satu dari tujuh hal yang dibutuhkan setiap landing page.

Hal ini tidak hanya membantu memformat dan menyusun konten Anda dan memberi pembaca Anda poin referensi yang mudah, tetapi hal ini juga mepengaruhi SEO.

Dibandingkan dengan tag h1 Anda, h2, h3, h4, dan subtitle lebih lanjut Anda memiliki lebih sedikit kekuatan SEO. Tetapi masih penting, jadi Anda harus menggunakannya.

Selain itu, ini adalah salah satu cara SEO termudah yang dapat Anda peroleh di WordPress.

Cara mendiagnosis peningkatan HTML

Google Search Console (sebelumnya Webmaster Tools) memiliki laporan “Perbaikan HTML” yang akan membantu Anda menemukan beberapa masalah yang saya soroti di atas.

Google menggunakan metadata situs Anda, termasuk tag judul dan Meta Descriptions, untuk mencari tahu bagaimana cara mengklasifikasikan situs Anda dan kemudian memberi tahu pengguna tentang hal itu.

Di dalam laporan ini, Anda dapat dengan cepat mendiagnosis jika:

  • Anda telah menggandakannya di halaman lain atau posting di situs Anda.
  • Mereka terlalu panjang, terpotong, atau dipotong sebelum orang dapat membacanya sepenuhnya.
  • Mereka terlalu pendek sehingga mereka tidak deskriptif atau cukup membantu.
  • Mereka tidak cukup informatif dan kurang maksud kata kunci.

STRUKTUR

Bagian ketiga dan terakhir dari SEO halaman yang akan saya bahas adalah struktur situs.

Sementara bagian ini menjadi super-techy sangat cepat, ada beberapa hal sederhana yang setiap orang dapat melakukannya untuk meningkatkan peringkat SEO.

Struktur situs web yang baik mampu memenuhi kebutuhan pengguna ketika mengatur arah halaman Anda. Ini berkaitan pada hal-hal seperti waktu pemuatan cepat, koneksi yang aman, dan desain yang ramah mobile.

Easy to Crawl

Ingat laba laba? Ini adalah program yang maksudnya crawl dari satu halaman di situs Anda ke tautan selanjutnya.

Bergantung pada seberapa baik mereka dapat mengindeks semua halaman di situs Anda, mereka akan cenderung menginformasikan kembali ke Google bahwa situs Anda adalah hasil yang baik.

Semakin tebal web tautan antara halaman situs Anda, semakin mudah bagi “laba-laba” untuk menjangkau semuanya, memberikan search engine pemahaman yang lebih baik tentang situs Anda.

Anda dapat membuat pekerjaan ini lebih mudah bagi Google dengan membuat sitemap dengan plugin sederhana jika Anda menggunakan WordPress atau generator sitemap XML online.

Konten duplikat

Ada banyak mitos peringkat di sekitar konten duplikat dan bagaimana itu bisa mempengaruhi peringkat Anda.

Kesalahan umum adalah berpikir bahwa semua yang ada di halaman Anda harus asli. Karena faktanya, search engine tidak menghukum situs web untuk konten duplikat.

Memposting ulang konten Anda di situs web lain atau menerbitkan lagi posting orang lain di situs Anda sendiri tidak akan merugikan SEO Anda kecuali Anda melakukannya dengan cara yang salah (spam).

Tips WordPress lain yang dapat menghemat waktu adalah dengan menggunakan plugin Quick Page/Post Redirects.

Yang ini berguna jika Anda telah mengubah halaman lama menjadi yang baru. Ini juga sering meninggalkan gelombang tautan yang terputus.

Pasang plugin, dan Anda dapat menambahkan URL lama secara massal dan kemudian versi baru setiap halaman

Sebagian besar alat yang berfokus pada SEO akan menjelajah situs Anda seperti search engine untuk mengaudit masalah-masalah umum ini. Konten duplikat dan tautan rusak (atau 404 errors) adalah dua kesalahan penelusuran paling umum yang mengganggu sebagian besar situs web.

Jika Anda tidak menggunakan sistem manajemen konten seperti WordPress, Anda harus mengedit file .htaccess situs Anda untuk menyertakan 301 redirect.

Saya sangat merekomendasikan untuk mencari tau sendiri tentang 301 redirect dan mendapatkan bantuan ahlinya dalam kasus ini.

Mobile Friendly

Jika halaman Anda tidak Mobile Friendly, Anda kehilangan lebih dari 54% pengguna Facebook mengakses jaringan secara eksklusif di perangkat seluler mereka.

Mengingat Facebook sekarang memiliki 1,65 miliar pengguna aktif setiap bulan, jumlah itu mewakili hampir 900 juta pengguna seluler saja.

Meskipun ada beberapa cara untuk membuat halaman Anda Mobile Friendly.

Sebagian besar tema WordPress Mobile Friendlysejak saat ini, dan jika tidak, Anda selalu dapat menginstal plugin untuk mengatasi hal itu.

Anda juga dapat menerapkan saran Google sendiri dari alat atau membayar seseorang untuk melakukan perubahan.

Page Speed

Anda tahu betapa pentingnya hal ini. Ingat betapa menyebalkan jika Anda mengakses satu halaman membutuhkan waktu 20 detik? Waktu memuat halaman yang lama benar-benar dapat membuat mati web Anda.

Anda dapat menggunakan alat Test My Site Google untuk membaca dengan cepat seberapa baik pemuatan halaman Anda.

Salah satu alat favorit saya untuk melacak kecepatan halaman dari waktu ke waktu adalah Pingdom. Ini akan memantau kinerja situs secara umum termasuk waktu aktif. Anda bahkan dapat melacak situs Anda dari berbagai lokasi di seluruh dunia untuk memastikannya dalam kondisi prima untuk pengguna internasional dan multibahasa.

Tapi di sini ada beberapa masalah terbesar yang harus diperhatikan.

Ketika seseorang mengetik alamat web Anda di browser mereka, mereka “meminta” agar server Anda mengirim informasi.

Semakin kecil data pengiriman mereka, semakin cepat server Anda akan mengirimkannya. Anda juga harus “memperkecil” kode situs Anda untuk mengurangi ukuran.

Plugin WP Super Minify WordPress dapat melakukannya untuk Anda secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu tahu cara menggabungkan data stylesheet.

Sebagian besar situs web saat ini penuh dengan gambar beresolusi tinggi. Namun, semakin baik tampilannya, semakin besar ukurannya.

WP Smush.it (WordPress) atau Compressor.io (non-WordPress) dapat membantu Anda mengurangi ukuran gambar sebelum mengunggah. Mereka akan mengompres file untuk mengurangi ukuran tanpa mengorbankan kualitas.

Kata kunci dalam URL

Memasukkan kata kunci bertarget Anda ke URL posting blog Anda adalah suatu keharusan. Anda tidak harus menyia-nyiakan poin SEO itu. Anda juga harus mengubah struktur permalink Anda di WordPress.

HTTPS dan SSL

SEO telah mempertimbangkan keamanan sebagai sinyal peringkat untuk beberapa waktu sekarang. Namun, Google tidak berhenti di situ.

Mereka juga sekarang secara aktif memperingatkan orang-orang ketika situs web tidak aman.

Pemberitahuan peringatan ini pada dasarnya akan memberi tahu orang-orang untuk tidak memberikan informasi pribadi situs web Anda.

Ada dua protokol keamanan umum: HTTPS (versi HTTP aman) dan SSL (Secure Socket Layer). Keduanya bekerja dan layak dipertimbangkan bahkan jika mereka tidak akan terlalu meningkatkan permainan SEO Anda.

Secara teknis, ada lima opsi SSL yang dapat dipilih:

  • Single Domain: Opsi ini melindungi satu nama domain tunggal. Namun, itu tidak akan berfungsi pada subdomain (seperti “blog.neilpatel.com”).
  • Multi-Domain: Pilihan kedua Anda akan mencakup beberapa domain seperti “neilpatel.com” dan “quicksprout.com.” Tetapi sekali lagi, itu tidak akan mencakup subdomain dari masing-masing situs.
  • Wildcard: Yang ini akan membahas subdomain. Jadi jika Anda memiliki “blog.neilpatel.com” dan “shop.neilpatel.com,” Anda mau melakukannya.
  • Organisasi: Yang ini mirip dengan yang pertama, tetapi tidak mencakup banyak keamanan untuk transaksi e-commerce.
  • Diperpanjang: Dan akhirnya, yang ini akan memberi Anda beberapa manfaat tambahan. Akan tetapi itu juga membutuhkan sedikit kerja ekstra.

Secara teknis, masing-masing opsi itu aman. Perbedaannya terletak pada bagaimana Anda akan menggunakannya. Anda dapat membeli ini langsung dari pendaftar domain Anda.

Jika tidak, banyak perusahaan hosting lain akan membantu Anda mengaturnya. Ada juga plugin WordPress seperti Really Simple SSL yang akan membantu Anda dengan cepat mengaturnya.

SEO Off-Page

Baiklah, saatnya melangkah keluar dan melihat-lihat halaman depan. Sekarang saya akan menunjukkan empat bidang besar SEO off-page..

KEPERCAYAAN

PageRank, formula terkenal yang ditemukan para pendiri Google, tentu bukan satu-satunya ukuran yang mereka ambil ketika memberi peringkat halaman dalam sepuluh hasil pencarian teratas.

Kepercayaan semakin penting, dan sebagian besar pembaruan Google baru-baru ini mengenai situs web spam dan tidak dikenal.

TrustRank adalah cara bagi Google untuk melihat apakah situs Anda sah atau tidak. Misalnya, jika Anda terlihat seperti merek besar, Google kemungkinan akan mempercayai Anda.

Tautan balik berkualitas dari situs otoritatif (seperti domain .edu atau .gov) juga membantu. Ada empat bagian untuk membangun kepercayaan.

Otoritas

Google menentukan otoritas keseluruhan situs Anda dengan campuran dua jenis otoritas yang dapat Anda bangun:

  • Otoritas domain, yang berkaitan dengan seberapa luas nama domain Anda. Coca-cola.com sangat otoritatif, misalnya, karena semua orang pernah mendengarnya.
  • Otoritas halaman, yang berkaitan dengan seberapa otoritatif konten dari satu halaman (misalnya posting blog).

Untuk meningkatkan otoritas Anda, gunakan lembar contekan yang saya buat untuk meningkatkan otoritas Anda tanpa curang.

Tapi apa cara paling sederhana? Tautan editorial berkualitas tinggi hampir selalu berkuasa. Misalnya, coba lakukan hal-hal yang akan mendorong situs media arus utama untuk menampilkan Anda.

Tidak, ini tidak mudah, itu membutuhkan banyak waktu. Tapi itu sangat berharga karena tautan seperti ini sebenarnya hampir tahan algoritma.

Ingat sebelumnya ketika kita berbicara tentang bagaimana blogging tamu bisa menjadi putih, abu-abu, atau black hat tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya?

Mendapatkan validasi pihak ketiga seperti ini dari publikasi teratas sama mudahnya dengan yang didapat.

Bounce Rate

Bounce rate Anda hanyalah ukuran dari berapa banyak orang yang hanya melihat satu halaman di situs Anda sebelum segera meninggalkannya.

Konten, waktu muat, kegunaan, dan menarik pembaca yang tepat adalah bagian dari penurunan rasio bounce Anda.

Matematikanya sederhana, pembaca yang tepat akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs yang memuat cepat, terlihat bagus, dan memiliki konten yang hebat.

Video adalah cara lain yang bagus untuk melakukannya, tetapi Anda membutuhkan konten video Anda untuk menonjol dan ditayangkan.

Usia domain

Usia domain penting. Jika Anda belum menjalankan dan menjalankan situs Anda, pertimbangkan untuk mencari domain yang terjangkau dan kedaluwarsa, serta menggunakannya.

Kepercayaan domain, otoritas, dan usia sering memiliki satu kesamaan: Merek Anda

Identitas

Seperti yang saya sebutkan di atas, memiliki merek atau identitas pribadi secara online adalah sinyal kepercayaan yang besar untuk search engine, tetapi butuh waktu untuk membangun. Anda tahu Anda adalah merek saat Anda Google sendiri.

Anda tidak harus memiliki ‘nama’ merek. Menciptakan merek pribadi Anda juga berhasil. Terlebih lagi, membangun tanda merek mencegah Anda dari hukuman di masa depan melalui pembaruan Google.

Ini sebagian menjelaskan mengapa Google memberikan perlakuan istimewa merek besar. Ini bukan hanya konspirasi gila, orang lebih suka merek yang mereka kenali daripada yang tidak mereka kenal.

Memiliki nama merek yang mudah dikenali bahkan lebih penting daripada harga atau kualitas produk yang dimaksud!

LINK

Sejauh Anda masuk ke panduan optimisasi search engine ini sudah menunjukkan kepada Anda bahwa konsep umum “backlink adalah segalanya” adalah salah.

Mereka hanya bagian dari SEO seperti semua area lain yang sudah saya bahas. Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink.

Tetapi apa pun yang Anda lakukan, jangan hanya menunggu orang untuk menautkannya kepada Anda. Anda harus mengambil inisiatif dan meminta mereka.

Pertimbangkan ketiga faktor ini ketika mencoba mendapatkan backlink:

Kualitas tautan

Walaupun tautan bukanlah segalanya, saat melihat tautan, kualitasnya adalah segalanya. Kualitas tautan Anda jauh lebih penting daripada jumlah tautan yang Anda miliki.

Membangun backlink berkualitas adalah semua tentang menjangkau sumber yang tepat dan menawarkan nilai sebagai ganti tautan yang solid. Kebanyakan orang hanya melihat jumlah total tautan.

Dan itu adalah kesalahan besar karena beberapa alasan:

  • Search engine mungkin mengabaikan sebagian besar tautan jika berkualitas rendah atau spam
  • Tautan dari situs baru bernilai lebih dari sekadar tautan berulang dari situs yang ada
  • Tautan dari situs web lain bernilai lebih dari banyak tautan dari situs Anda sendiri (dari satu halaman ke halaman lain).

Tautan berkualitas tinggi lebih penting daripada tautan berkualitas rendah.

“Total Linking Root Domains” memberi tahu Anda sejumlah situs unik yang menautkan kembali ke Anda. Tautan eksternal yang lulus ekuitas dan yang lulus paling banyak ‘kekuatan’.

Seringkali, rasio angka-angka itu dibandingkan dengan total tautan adalah indikator keberhasilan yang jauh lebih baik.

Anchor text

Anchor text adalah teks yang digunakan situs lain ketika mereka menautkan Anda, dan ya, itu penting. Membedakan antara jenis-jenis teks adalah bagian dari seluk beluk, tetapi aturan praktis yang baik adalah:

Semakin alami teks tautan, semakin baik.

Berikut ini sebuah contoh: Anda dapat menautkan ke panduan tentang praktik terbaik dengan menautkan kata-kata “klik di sini” atau dengan menyebutkannya secara alami dalam alur tulisan. Kategori kedua disebut backlink kontekstual, dan itulah yang harus Anda perjuangkan.

Jumlah tautan

Terakhir, jumlah total tautan yang Anda miliki juga penting, dan Anda perlu membangun backlink berkualitas tinggi dalam skala dari waktu ke waktu.

Pada akhirnya, situs dengan tautan berkualitas tinggi biasanya akan memiliki keunggulan lebih baik.

Sebagian besar tautan alami tidak akan ke beranda kecuali mereka menyebut nama merek Anda secara khusus.

Apa yang sering Anda temukan adalah bahwa orang akan menaut ke halaman atau posting di situs Anda. Jika memungkinkan, Anda ingin memastikan sumber yang tepat terhubung ke halaman yang tepat.

Apa yang tidak Anda inginkan adalah agar kebijakan privasi Anda menjadi halaman yang paling terhubung ke Anda.

Mengapa? Karena tidak ada yang bisa dibeli dari halaman itu! Pengunjung tidak dapat memberi Anda informasi atau berlangganan atau membeli. Itu kesalahan pertama.

Yang kedua tidak mempertimbangkan bagaimana dan dari mana tautan-tautan itu berasal. Jadi sumber kualitas tautan yang Anda dapatkan penting. Begitu juga tempat mereka terhubung.

Itu merupakan salah satu dari pekerjaan bidang jasa SEO yang dapat dilakukan oleh pakar SEO.

PRIBADI

Kategori ketiga SEO off-page yang patut dilihat adalah faktor pribadi. Meskipun sebagian besar di luar kendali Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda menjangkau audiens tertentu.

Negara

Semua pencari melihat hasil yang relevan dengan negara tempat mereka berada. Search engine mengartikan kata-kata secara berbeda tergantung pencarian setiap negara.

Cara untuk memberi tahu Google bahwa Anda ingin menargetkan negara-negara tertentu, tentu saja, dengan memasukkan mereka sebagai kata kunci.

Ingat bagaimana pemilihan kata kunci sangat tergantung pada peringkat kompetisi yang sudah ada? Google Kanada akan memiliki hasil yang berbeda dari Google Amerika Selatan.

Itu berarti bahwa setiap negara mungkin memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Membuat konten multibahasa adalah salah satu cara dari yang paling mudah yang pernah saya lihat. Sebagian besar plugin terjemahan web tidak terlalu bagus.

Banyak yang akan berjanji untuk menerjemahkan konten Anda secara otomatis ke dalam hampir semua bahasa. Tetapi hasil akhirnya tidak alami.

Secara pribadi, saya lebih suka membayar sedikit lebih banyak agar orang-orang berbahasa asli membantu menerjemahkan konten.

Kualitas dan akurasi meningkat dan itu berarti bahwa data dan peringkat penggunaan situs saya juga naik.

Ini juga merupakan jasa SEO yang penting dalam menaikkan rating atau peringkat dari konten yang penulis buat.

Kota

Penargetan geografis bahkan lebih jauh. Sekali lagi, menggunakan nama kota sebagai kata kunci membantu.

Riwayat pencari

Jika pencari berada di halaman yang sama sebelumnya, atau bahkan jika mereka baru saja mengunjungi situs Anda secara umum, Anda lebih cenderung muncul karena Google menganggap Anda hasil yang relevan untuk mereka.

Sosialisasi

Apakah Anda memiliki saluran YouTube atau profil Google Plus untuk merek Anda? Jika demikian, semakin banyak orang menyukai Anda, semakin baik.

Ketika Google melihat bahwa seseorang menyukai merek di jejaring sosial, mereka lebih cenderung menunjukkan hasil dari merek itu atau dari kontak pribadi yang mereka miliki.

SOSIAL

Terakhir, mari kita lihat faktor sosial SEO off-page. Selain sinyal sosial langsung dari pencari, ada cara lain untuk mendapatkan hasil yang baik di media sosial yang akan membantu Anda mencapai peringkat yang lebih baik.

Baik itu secara langsung melalui banyak tautan atau secara tidak langsung melalui dorongan masalah sosial. Beberapa studi kasus membuktikan bahwa media sosial sepadan dengan waktu Anda.

Ada faktor utama pengaruhnya.

Quallity of Share

Seperti halnya kualitas backlink, siapa yang berbagi lebih penting daripada seberapa sering berbagi. Google mengenali influencer, dan ketika mereka membagikan konten Anda.

Cara yang bagus untuk membuat influencer membagikan konten Anda adalah dengan memberi mereka informasi sebelum Anda mempublikasikannya.

Atau lebih baik lagi, masukkan mereka dengan mengutip atau mewawancarai mereka.

Tentu saja, Anda juga harus memberi tahu banyak selebritas online yang sudah tertarik dengan topik Anda. 

Jadi, Anda dapat menemukan orang-orang yang tumpang tindih atau mempengaruhi audiens Anda dan membayar mereka untuk membantu mempromosikan barang-barang Anda.

Hal lainnya masuk akal adalah ketika Anda mempertimbangkan apa yang membuat konten menjadi viral. “Viralitas sebagian didorong oleh gairah fisiologis. Konten yang membangkitkan emosi positif atau negatif. “

Kami memulai artikel ini dengan membicarakan tentang jutaan posting orang yang diterbitkan setiap hari. Ada banyak kompetisi. Jadi hal-hal yang menonjol sering berada pada satu ekstrim atau yang lain.

Itulah sebabnya berita palsu sering kali menjadi viral walaupun banyak di antaranya benar-benar palsu.

Beberapa situs berita palsu teratas dapat menarik pendapatan iklan hanya dalam waktu singkat karena mereka mendapatkan banyak lalu lintas.

Tentu saja, saya tidak menyarankan Anda mengirim berita palsu. Namun, saya menyarankan agar Anda harus berpikir panjang tentang sesuatu sebelum menerbitkannya.

Jika Anda memanfaatkan pemicu emosional audiens Anda, Anda akan hampir selalu membuat konten Anda mendapatkan lebih banyak perhatian dalam jangka panjang. Mempromosikannya seperti orang gila juga membantu.

Kesimpulan

Saya harap panduan ini membantu Anda menyadari bahwa search engine optimization tidak lagi opsional. Meskipun tidak perlu banyak upaya untuk mendapatkan beberapa dasar-dasar yang benar.

Jangan khawatir jika Anda sudah membuat beberapa keputusan SEO di masa lalu yang mungkin bukan pilihan yang tepat.

Tidak salah untuk memulai hari ini karena Anda akan membutuhkan 6 bulan hingga setahun untuk melihat hasilnya.

Lakukan riset kata kunci Anda sebelum Anda menulis posting blog Anda berikutnya.

Kemudian, gunakan data kata kunci Anda untuk mengoptimalkan dasar-dasarnya, seperti tag judul dan deskripsi Anda. Dan siapa tahu, mungkin lain kali saat Anda menerbitkan, Anda akan menonjol.

Jika Anda membutuhkan jasa SEO, Anda memerlukan biaya untuk hal itu. Namun, apa yang didapatkan akan setimpal bahkan lebih.

Selain keuntungan pendapatan yang Anda dapatkan, dari jasa SEO, Anda juga akan mendapatkan branding yang bagus.

Apakah Anda membutuhkan jasa SEO?

Setelah membaca panduan ini, bagaimana Anda akan mengubah pandangan Anda terhadap SEO?

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari optimasi search engine. Yang merupakan seni peringkat tinggi pada search engine di bagian yang tidak dibayar, juga dikenal sebagai daftar organik.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk SEO untuk bekerja?

Jika Anda menargetkan kata kunci kompetitif, SEO dapat memakan waktu 6 bulan hingga satu tahun.

Apakah duplikat konten dilarang?

Search engine tidak menghukum konten duplikat.

Faktor-faktor apa dalam pembuatan tautan?

Search engine melihat relevansi situs yang menautkan Anda, seberapa terkenal situs penautannya, berapa banyak tautan yang Anda miliki secara total, dan teks jangkar dari setiap tautan.

Mengapa SEO itu penting?

Sebagian besar pengalaman online dimulai dengan search engine, dan hampir 75% pencari memulai pencarian mereka di Google.

Jika Anda ingin mengulik lebih dalam mengenai SEO, Anda dapat menuju ke: