fbpx

Mengenal Penargetan Demografis Google Ads

faq google

Mengenal Penargetan Demografis Google Ads

Periklanan PPC adalah tentang mendapatkan penawaran Anda di depan orang yang tepat pada waktu yang tepat, itulah sebabnya penargetan demografis Google Ads harus menjadi bagian integral dari kampanye iklan digital Anda.

Namun meskipun sebagian besar pengiklan digital tahu bahwa Google Ads menawarkan banyak kemampuan penargetan, beberapa tidak menyadari bahwa penargetan demografis ada bersama dengan manfaat yang melekat padanya.

Faktanya, meskipun merupakan salah satu fitur Google Ads yang paling berharga, penargetan adalah salah satu yang paling kurang dimanfaatkan.

Apa itu penargetan demografis Google Ads?

Penargetan demografis Google Ads memberi pengiklan digital cara yang efektif untuk mempersempit audiens mereka dengan mereka yang mungkin berada dalam kelompok demografis tertentu (usia, jenis kelamin, status orang tua, pendapatan). 

Selain mempersempit audiensi digital Anda, penargetan demografis Google Ads memungkinkan brand untuk menyesuaikan tawaran, salinan iklan, dan post-click landing pages untuk grup tertentu dan relevan. Berarti teknik ini tidak hanya berguna untuk kampanye pencarian, tetapi juga untuk meningkatkan pengalaman iklan prospek secara keseluruhan.

Bagaimana cara kerja penargetan demografis Google Ads?

Ketika seorang konsumen masuk ke akun Google mereka, Google dapat menemukan demografinya dari pengaturan dan aktivitas pengguna di properti Google. Konsumen dapat mengedit informasi demografis mereka di Pengaturan Iklan:

ads settings

Pengaturan iklan penargetan demografis Google Ads

Informasi demografis juga dapat dikumpulkan dari situs web yang telah dibagikan konsumen informasi spesifik ini, seperti situs jejaring sosial.

Saat orang tidak masuk ke Akun Google mereka, informasi demografis masih dapat disimpulkan berdasarkan aktivitas mereka dari properti Google atau Jaringan Display. Misalnya, ketika orang menjelajahi YouTube, atau berbagai situs Jaringan Display, Google dapat menyimpan “cookie” di browser web pengguna. Browser itu kemudian dapat dikaitkan dengan kategori demografis tertentu, berdasarkan situs yang dikunjungi.

Demografi aplikasi seluler

Penargetan demografis Google Ads aplikasi seluler juga menggunakan pengidentifikasi iklan, kali ini ditautkan ke perangkat seluler konsumen untuk mengingat aplikasi mana yang telah mereka gunakan. Sekali lagi, pengidentifikasi dapat dikaitkan dengan kategori demografis berdasarkan pada penelusuran web dan aktivitas aplikasi pengguna seluler.

Opsi penargetan demografis Google Ads

Menargetkan untuk pencarian, tampilan, dan iklan video termasuk kategori berikut:

Rentang usia

Saat penawaran Anda ditujukan untuk usia tertentu, Ads menawarkan tujuh rentang usia berikut:

  • 18-24
  • 25-34
  • 35-44
  • 45-54
  • 55-64
  • 65 atau lebih
  • Tidak dikenal

Setelah melakukan pencarian untuk “program pendidikan”, kami disajikan iklan pencarian berbayar ini:

adwords

Usia penargetan demografis Ads

Karena rentang usia saya diatur dalam pengaturan akun Google kami, kami diberikan hasil pencarian khusus usia untuk permintaan kami – keduanya terkait dengan online, program pendidikan berkelanjutan untuk orang dewasa yang bekerja.

Jenis kelamin

Saat menargetkan prospek berdasarkan jenis kelamin, pengiklan dapat memilih:

  • Perempuan
  • Pria
  • Tidak dikenal

Ketika kami mencari “clothing stores,” jelas bahwa Google Ads mengakui bahwa kami perempuan. Perhatikan bagaimana semua hasil pencarian ditujukan pada wanita (selain dari yang terakhir, yang netral gender):

ads gender

Jenis kelamin penargetan demografis Google Ads

Ini adalah contoh lain dari penargetan gender. Kami mencari “sepatu bot kulit” dan melihat hasil ini:

boots

Sekali lagi, terbukti bahwa Ads mengetahui jenis kelamin kami karena ini semua adalah sepatu bot kulit wanita. Kemungkinan hasil pencarian akan sangat berbeda jika seorang pria melakukan pencarian yang sama.

Pendapatan rumah tangga

Penargetan tingkat pendapatan sebenarnya adalah penargetan lokasi berdasarkan pendapatan rumah tangga. Ini memberikan pengiklan kemampuan untuk menyesuaikan tingkat penawaran berdasarkan orang yang mereka identifikasi tinggal di wilayah geografis tertentu (saat ini hanya tersedia di AS, Jepang, Australia, dan Selandia Baru). 

Untuk area-area tersebut, Ads menawarkan kisaran penghasilan berikut:

  • 10 besar
  • 11-20%
  • 21-30%
  • 31-40%
  • 41-50%
  • Lebih rendah 50%
  • Tidak dikenal

Opsi penargetan demografis Google Ads untuk kampanye tampilan dan video juga dapat mencakup:

Status orang tua

Menggunakan aplikasi Family Link, orang tua dapat membuat Akun Google untuk anak-anak mereka di bawah 13. Sementara iklan tidak dapat menargetkan anak-anak di bawah 13, mereka dapat menargetkan orang tua. Grup status orang tua meliputi:

  • Induk
  • Bukan orang tua
  • Tidak dikenal

Quick search untuk “learning apps” menghasilkan iklan ini:

parental

Meskipun kami dapat disajikan dengan berbagai macam iklan untuk aplikasi pembelajaran yang berfokus pada orang dewasa (aplikasi pembelajaran bahasa, aplikasi cara-cara, dll.), Kami ditampilkan iklan ABCmouse ini karena Google mengakui bahwa kami adalah orangtua.

Apa arti kategori “Tidak Diketahui”?

Mustahil bagi Ads untuk menentukan, atau bahkan menyimpulkan, demografi semua pengguna internet, sehingga “Tidak Diketahui” merujuk pada orang-orang yang usia, jenis kelamin, status orang tua, atau pendapatan rumah tangga mereka belum teridentifikasi. Ini mungkin termasuk pengguna yang berusia di bawah 18 tahun, serta mereka yang non-biner gender.

Baca artikel terkait:

Horee Kreatif